Ingin tahu,apa saja buah kaya serat?

Buah kaya serat. Sebetulnya semua buah memiliki serat didalamnya namun tentunya dalam jumlah yang berbeda ada yang rendah kadar seratnya namun ada juga yang kaya akan serat sehingga banyak para ahli nutrisi menyarankan untuk rajin menkonsumsinya dan bahkan buah buahan ini sering dijadikan target makanan pendamping para pelaku diet.

Serat dalam buah buahan sangat baik untuk menjaga pencernaan serta mencegah naiknya kadar kolesterol jahat pada tubuh,buah kaya serat juga sering disebut pelangsing badan alami karena terbukti efektif menahan rasa lapar yang berlebih karena mampu menjaga kadar glukosa dalam darah sehingga jika setelah menkonsumsi buah akan terasa kenyang dan tentunya menjadikan jumlah asupan makan siang menjadi sedikit berkurang. Bahkan ada juga buah yang mampu meningkatkan metabolisme di tubuh sehingga membuat pembakaran lemak tubuh menjadi lebih optimal.

Daftar buah kaya serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh

Kebanyakan orang hanya mementingkan rasa dari makanan yang dikunyah tanpa memikirkan dampak dari makanan tersebut jika setelahnya dan ini merupakan kebiasaan buruk yang perlu dirubah agar kesehatan tetap terjaga dalam waktu lama. Salah satu cara merubah kebiasaan tersebut ialah dengan mengurangi cemilan tinggi lemak seperti gorengan,junk food serta makanan manis. Dengan buah kaya serat yang tentunya dapat mengatasi segala masalah yang mengancam bila sering memakan makanan sumber penyakit tersebut.

Berikut kami jelaskan apa saja buah kaya serat terbaik yang tentunya bisa anda konsumsi setiap hari tanpa takut kesehatan menjadi terganggu:

  1. Pepaya

Buah pepaya sangat diandalkan sekali manfaatnya untuk mengatasi susah bab dan juga merangsang produksi ASI karena kaya akan kalium,magnesium,kalsium,serat yang tinggi dan memiliki kandungan air yang tinggi. Buah pepaya juga mengandung Papain yang berfungsi untuk mencerna protein dan membantu penyembuhan luka luar.

  1. Alpukat

Buah yang seringkali dianggap buruk bagi pelaku diet ini ternyata memiliki serat yang tinggi juga,ada 2,5 gram serat dalam 100 gram alpukat serta mempunyai asam oleat tak jenuh tunggal yang merupakan salah satu lemak baik yang aman jika berada dalam tubuh.

Dalam diet rendah karbohidrat,buah alpukat sangat dianjurkan untuk sering dikonsumsi tanpa ada batasan karena mampu menahan lapar lumayan lama serta dapat menekan kadar kolesterol jahat akibat makanan tinggi lemak yang menjadi andalan dalam diet karbo tersebut.

  1. Pisang

Buah kaya serat ini tentunya sangat mudah dijumpai di negeri kita sehingga anda tidak susah mendapatkannya. Pisang memiliki banyak vitamin seperti A,C,Fosfor,zat besi serta kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah kita dari banyak makan karena serat yang bisa mengenyangkan perut.

Namun tidak semua pisang ramah untuk lambung seperti pisang lampung dan pisang nangka.

4.Apel

Diantara daftar buah kaya serat yang kami jelaskan, Apel menjadi buah yang paling unggul dan mencetak skor tinggi dibanding buah yang lain. Salah satu keunggulan apel terletak pada kulitnya yang mengandung pektin(salah satu serat yang larut dlam makanan).

Manfaat buah apel yang perlu anda tahu:

  • Mencegah kelebihan air di pencernaan
  • Membersihkan racun
  • Mengatasi bab keras
  • Menekan kolesterol
  • Menyehatkan gigi dan gusi

Itu sebabnya buah apel selalu hadir dalam gambar ataupun ilustrasi tentang diet.

Tentunya masih banyak buah kaya serat yang tidak bisa dibahas semuanya disini,dan kami hanya memilih buah terbaik diantara buah yang lain. Bagi anda yang sedang menurunkan berat badan ada baiknya mencoba buah yang saya sebut diatas karena bisa mempercepat penurunan berat badan karena rendah gula dan lemak namun tinggi akan kebaikan untuk tubuh.

Tags: