cara-menghitung-kebutuhan-beton-pengecoran-plat-lantai-gudang

Baru baru ini kami banyak mendapatkan pesan dari Whatsapp dan telepon yang menanyakan bagaimana cara menghitung kebutuhan beton utk plat lantai gudang agar didapatkan plat lantai gudang yang awet dan enak dipandang. Pada umumnya plat lantai gudang berbentuk empat persegi panjang atau balok yang memiliki panjang, lebar dan ketebalan. Untuk menghitung kebutuhan beton saat akan ngecor plat lantai gudang adalah sama dengan volume plat lantai tersebut, yaitu dengan cara mengkalikan panjang x lebar x tebal dari plat lantai yang akan dibangun.

Untuk ngecor plat lantai gudang yang baik melibatkan dan membutuhkan beberapa komponen yang harus dipenuhi agar hasilnya kuat, sedap dipandang dan awet dalam jangka waktu yang lama. Beberapa komponen itu melibatkan :

  • Tenaga Kerja
  • Material
  • Alat Kerja

Disini kami hanya membahas beberapa komponen saja dan merangkumnya menjadi satu versi www.frontrangescribbles.com agar didapat plat lantai yang baik dan awet.

Rumus Kebutuhan Volume Beton utk Plat Gudang

Contoh kasus perusahaan ABC sedang merencanakan pembangunan gudang baru untuk memenuhi perkembangan bisnisnya baru baru ini di wilayah pergudangan Jababeka. Gudang baru tersebut nantinya akan melayani beberapa cargo ekspedisi sehingga bisa dipastikan lalu lintas manusia, alat kerja seperti forklift diprediksi akan tinggi. Plat lantai gudang tersebut rencananya akan memiliki panjang 35 meter, lebar 10 meter dan ketebalan plat lantainya 30 cm.

Karena bentuk plat lantai gudangnya berbentuk empat persegi panjang dengan :

  • Panjang : 35 meter
  • Lebar : 10 meter
  • Tebal : 30 cm

sehingga rumus volumenya menjadi :

  • Vb = Pp x Lp x Tp

Volume beton = Panjang plat x Lebar plat x Tebal plat

Selanjutnya kita bisa menghitung kebutuhan volume betonnya menjadi :

  • Kebutuhan beton untuk plat lantai gudang perusahaan ABC menjadi 35 meter x 10 meter x 0.3 meter = 105 meter kubik (m3).

Selanjutnya dari hitungan diatas kita ketahui bahwa untuk ngecor plat lantai gudang perusahaan ABC tersebut membutuhkan +/- 105 m3 beton. Untuk mendapatkan beton sebanyak itu dibutuhkan adukan beton readymix yang berkualitas. Harga beton ready mix ditentukan berdasarkan mutu beton dan truk pembawanya. Sedangkan untuk mengerjakan pengecoran adukan beton sebanyak itu agar praktis & cepat selesai maka dibutuhkan pompa beton. Harga sewa pompa beton beragam tergantung tipe truknya dan lama waktu sewanya.

Pada artikel ini kami juga akan menghitung berapa jumlah truk mixer yang akan datang ke lokasi pengecoran jika kapasitas isi truk mixer tersebut berisi 7 m3.

  • Jumlah truk mixer yang akan datang ke lokasi pengecoran adalah 105 : 7 = 15 truk mixer.

Jadi kita bisa dapat perhitungan berapa kebutuhan volume beton untuk pengecoran plat lantai gudang perusahaan ABC tersebut diatas, yakni = membutuhkan 105 meter kubik beton atau 15 truk mixer berkapasitas 7 kubikan.

Karena kebutuhan plat lantai gudangnya nantinya berlalu lintas tinggi oleh fork lift, manusia dan kendaraan lainnya maka saat finishing pengecoran dibutuhkan floor hardening untuk lantai gudang tersebut. Penggunaan jasa floor hardener sangat diperlukan untuk mengakomodir kebutuhan tersebut agar permukaan lantai lebih kuat terhadap gesekan dan pemberian warna (merah, hijau atau abu abu) bisa diterapkan pada kondisi ini sehingga secara estetika enak dipandang dan membuat betah berlama lama di lingkungan itu.

Semoga rangkuman Cara Menghitung Kebutuhan Beton utk Plat Lantai Gudang versi www.frontrangescribbles.com ini bermanfaat buat Anda yang membutuhkannya.

 

Tags: