Stroberi merupakan salah satu buah yang banyak di gemari mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua, selain karena rasanya yang segar buah Stroberi juga memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh manusia yaitu vitamin C.

Karena banyak peminat buah Stroberi, maka tanaman Stroberi banyak di budidaya kan untuk memenuhi permintaan pasar yang harga jual nya lumayan untuk mendapatkan keuntungan. Tanaman Stroberi lebih bagus di tanam di daerah yang ber suhu dingin, namun saat ini tanaman Stroberi juga di tanam di daerah panas.

Menanam Stroberi Di Daerah Panas

Kebun Maker akan memberikan informasi mengenai menanam Stroberi di daerah panas yang bisa saja anda coba jika anda berada di dataran rendah atau di daerah panas, yang tentu memerlukan perlakuan – perlakuan khusus pada tanaman Stroberi.

Tips menanam Stroberi di daerah panas :

  • Mengadaptasikan Bibit Stroberi

Pada dasarnya semua tanaman yang tumbuh daerah khusus tidak bisa hidup di daerah yang kontras pada habitat aslinya, termasuk Stroberi. Namun untuk tanaman Stroberi bisa anda rubah habitatnya dari habitat dingin ke habitat panas yaitu di siasati dengan mengadaptasikan bibit Stroberi.

Caranya lakukan pemindahan bibit Stroberi dari benih ke lahan penanaman saat malam hari, lalu taruh bibit tersebut ke dalam ruangan yang ber-AC selama 3-5 hari. Kemudian atur suhu ruangan dinaikkan sedikit demi sedikit sampai mendekati suhu normal di luar ruangan. Usahakan memperhatikan perkembangan dari bibit Stroberi selama proses adaptasi.

  • Menggunakan Media Tanam Ber Organik

Tanaman Stroberi baiknya di tanam pada media tanam yang subur dan mengandung unsur organik yang tinggi, juga bagus pada media tanam yang bersifat porous. Caranya gunakan campuran sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, lalu biarkan terlebih dahulu media tanam tersebut selama 3 hari sambil di siram menggunakan air secukup nya sebelum di gunakan.

  • Mengatur Penyiraman

Untuk mengatur supaya tanaman Stroberi tidak jauh pada habitat aslinya maka tanaman perlu di siram, lakukan penyiraman setiap dua kali sehari saat pagi dan sore. Penyiraman dengan air secukupnya, usahakan media tanam tidak terlalu basah. Kemudian berikan pupuk kandang cair setiap seminggu sekali.

  • Mengendalikan Hama dan Penyakit

Untuk Stroberi yang di tanam di daerah panas biasanya tidak terlalu rawan terhadap hama dan penyakit. Hama Stroberi contohnya, belalang, thrips, mealibug dan kutu kuning namun bisa dikendalikan menggunakan curacron berdosis 1-2 ml/L, dan penyakit dari tanaman Stroberi meliputi busuk akar dan busuk daun yang bisa diatasi dengan mengurangi intensitas penyiraman tanaman dan menghilangkan bagian tanaman yang berpenyakit.

  • Membungkus Bakal Buah

Tanaman Stroberi berumur 2-3 bulan akan menghasilkan bakal buah, supaya bakal buah bertumbuh menjadi buah yang sempurna dan berukuran besar maka bakal buah bungkus lah dengan plastik berwarna hitam, tujuan nya mencegah agar bakal buah tidak rusak akibat sengatan matahari dan tingkat penguapan nya berkurang.

Demikian tips dari Kebun Maker tentang menanam Stroberi di daerah panas, semoga bisa memberi tambahan informasi bagi anda mengenai tanaman Stroberi. Terima Kasih.