Air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Selain untuk menghilangkan dehidrasi, air minum berfungsi sebagai penyeimbang cairan di dalam tubuh sehingga kinerja organ tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya. Saat ini air minum bukan melulu  soal air putih, namun semakin populer dengan minuman berbagai varian rasa. Sebelum kamu melanjutkan membaca artikel ini, coba ingat-ingat minuman rasa buah apa saja yang pernah kamu coba?

Sejak puluhan tahun lalu buah jeruk menjadi primadona di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Buah berwarna orange ini dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman yang menyegarkan. Namun, di saat sekarang ini, dengan pola pikir orang yang semakin luas, biasanya akan lebih memilih minuman fungsional. Apa itu minuman  fungsional? Dan apa fungsi dari minuman fungsional?

Minuman fungsional yaitu jenis minuman yang mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Seseorang akan memilih segala sesuatu nya dengan mempertimbangkan fungsi dari minuman yang dikonsumsinya. Salah satu fungsinya adalah memberikan manfaat untuk kesehatan. Belakangan ini minuman yang sedang populer di kalangan kids jaman now yaitu minuman yang berasal dari buah jeruk. Sebelum membahas mengenai apa saja jenis-jenis buah jeruk, akan kita ulas terlebih dahulu mengenai pohon jeruk.

Pohon jeruk merupakan tumbuhan berbunga dari suku Rutaceae atau suku tanaman jeruk-jerukan dengan marga citrus yang berasal dari kawasan Asia. Buah jeruk memiliki aroma yang segar namun dari jeruk sendiri ada yang memiliki rasa manis atau rasa asam. Buah jeruk yang memiliki rasa asam ini dikarenakan adanya kandungan asam sitrat pada setiap buahnya. Pohon jeruk akan berbunga sangat lebat pada bulan oktober hingga November, namun untuk frekuensi berbunganya bisa tiga sampai empat kali setiap tahunnya.  Tetapi khusus untuk buah jeruk citroen dan buah jeruk nipis dapat berbunga setiap waktu.

Citrus x seinensis merupakan nama latin dari buah jeruk, tetapi ada beberapa buah jeruk yang memiliki nama latinya sendiri. Diantaranya jeruk nipis (Citrus aurantifolia), jeruk bali (Citrus maxima), jeruk sukade (Citrus medica), jeruk keprok (Citrus reticulata). Jenis tanah Latasol dan tanah Andosol merupakan jenis tanah yang paling tepat untuk membudidayakan jeruk. Karena pada jenis tanah tersebut mengandung derajat keasaman (pH) sekitar 5,5 hingga 6,5 dengan Ph optimal 6 yang sesuai untuk pertumbuhannya.

Mungkin kalian pernah mendengar istilah jeruk lokal dan jeruk import di sekitar kalian. Jeruk lokal merupakan buah jeruk yang berasal dari dalam negeri yaitu Indonesia seperti jeruk bali, jeruk nipis, jeruk Pontianak dan jeruk medan. Sedangkan jeruk import merupakan buah jeruk yang berasal dari negara tetangga kita, beberapa dari jeruk import sering kita jumpai di Indonesia seperti jeruk lemon, jeruk ponkam dan jeruk Sunkist.

Berikut beberapa jenis jeruk yang sering kita jumpai di Indonesia :

No. Jenis Jeruk Ciri-ciri
1. Jeruk Pontianak –  Dibudidayakan di Pontianak

– Kulit jeruk berwarna hijau mengkilat kekuningan

– Kulit buah yang tipis sehingga mudah dikupas

–   Memiliki rasa manis

–   Mengandung banyak air

2. Jeruk Medan – Dibudidayakan di Sumatera Utara

– Kulit jeruk berwarna orange, hijau kekuningan dan kuning.

–  Memiliki rasa manis

3. Jeruk Nipis –  Berukuran kecil

–  Kulit jeruk berwarna hijau

–  Memiliki rasa asam

– sering di gunakan untuk aktivitas dapur (menambah cita rasa masakan, menghilangkan bau amis)

4. Jeruk Bali – Dibudidayakan di Bali

– Berukuran besar

– Kulit jeruk lebih tebal dari lainnya

– Memiliki warna kulit hijau dan hijau kekuningan

– Bulir-bulir jeruk berwarna merah muda

– Memiliki rasa cenderung asam

5. Jeruk Mandarin – Dibudidayakan di Tiongkok

– Berukuran kecil dari jeruk lainya

– Kulit jeruk berwarna orange dan bertekstur tipis

– Memiliki rasa manis

6. Jeruk Ponkam – Dibudidayakan di Tiongkok

– Permukaan kulit tebal

– Memiliki warna kulit orange

– Memiliki rasa manis, asam bahkan hambar

7. Jeruk Sunkist – Dibudidayakan di California, Amerika

– Permukaan kulit tebal dan licin sehingga daging jeruk susah dipisahkan dari kulitnya

– Memiliki warna kulit orange

– Jenis jeruk ini lebih sering dijadikan sebagai jeruk peras

8. Jeruk Lemon – Memiliki permukaan tebal dan licin

– Berbentuk lonjong

–  Memiliki warna kulit kuning cerah

– Memiliki rasa asam yang khas sehingga lebih sering dijadikan minuman

– Memiliki banyak khasiat kesehatan

Selain kaya akan vitamin C jeruk mengandung Vitamin A, vitamin B1, folat, antioksidan flavonoid beta karoten, zeaxanthin, serat pangan pektin, lutein, beta cryptoxanthin. Terdapat kandungan yang lain seperti potassium, tembaga, kalsium serta tingginya jumlah asam pantotenik. Minuman dengan rasa jeruk sangat digemari karena disetiap 100gr buah jeruk mengandung vitamin C sebesar 53,2 mg yang dapat mencukupi 90% dari  vitamin C yang kalian butuhkan setiap harinya.

Bukan hanya  kesegaran yang didapat, banyak kids jaman now yang memilih cara instan untuk mendapatkan beranekaragam kandungan dalam buah jeruk  yaitu dengan minuman sachet dengan rasa jeruk.

Dari berbagai jeruk diatas dapat dijadikan berbagai kreasi minuman  jeruk yang menyegarkan baik langsung dari buahnya ataupun jeruk dalam bentuk minuman sachet. salah satu contohnya adalah lemon squash nata de coco berikut bahan yang dibutuhkan :

  1.   ½ Jeruk Lemon
  2.   3 sendok makan Nata De Coco
  3.   1 sendok makan biji selasih
  4.   2 sendok gula pasir
  5.   350 ml Air Mineral
  6.   Es Batu secukupnya

Pembuatannya pun sangat mudah, tuangkan jeruk lemon yang sudah diperas, gula pasir, dan nata de coco  kedalam gelas saji. Kemudian tambahkan air dan aduk hingga gula pasir larut. Lalu tambahkan es batu secukupnya serta tambahkan biji selasih yang sudah direndam air. Kreasi minuman jeruk segar siap dinikmati.  

Apa saja manfaat dari buah jeruk untuk kesehatan?

Vitamin C dan antioksidan pada buah jeruk mampu dipercaya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serta kandungan phytochemicals  yang dapat membantu mencegah beberapa penyakit kanker. Berikut beberapa manfaat buah jeruk yang lainnya :

  1.      Melancarkan pencernaan

Terdapat sumber serat baik yang larut dan tidak larut pada jeruk akan membantu mengeluarkan kotoran pada tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya iritasi pada usus besar.

  1.      Menurunkan tekanan darah

Flavoid atau sering disebut hesperidin alami terdapat pada buah jeruk sehingga dapat mengendalikan tekanan darah.

  1.      Menjaga kesehatan jantung

Kolestrol oksidasi yang menempel pada arteri akan membatasi suplai darah ke jantung sehingga dapat memicu serangan jantung. Dapat kalian cegah dengan mengkonsumsi jeruk, karena jeruk mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan radikal bebas serta membantu mencegah oksidasi kolesterol.

  1.      Menjaga kesehatan system pernafasan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta cryptoxanthin seperti buah jeruk dapat menurunkan resiko seseorang untuk terkena kanker paru-paru sebesar 27%.

Buah jeruk juga bermanfaat untuk kecantikan?

Banyak wanita telah menggunakan buah yang multikhasiat ini untuk mendapatkan kecantikan yang paripurna. Berbagai brand ternama juga mengadopsi jeruk sebagai bahan utamanya.  Beberapa diantaranya seperti :

  1.      Mencerahkan kulit

Banyak nya aktivitas diluar ruangan mengakibatkan kulit gelap. Hal ini bisa kalian atasi dengan cara memeras dan menggosok kulit jeruk segar pada kulit. Pijat kulit kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

  1.      Mengecilkan pori-pori

Kulit kusam diakibatkan oleh terbukanya pori-pori kulit. Untuk mengecilkan pori-pori dapat dilakukan dengan membasuh kulit dengan jus jeruk segar, biarkan meresap selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

  1.      Mengurangi jerawat

Kandungan asam sitrat pada jeruk dapat berfungsi untuk mengeringkan jerawat dan bekas luka akibat jerawat.

Berikut sedikit ulasan mengenai jenis dan manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Sudahkah kalian mengetahui jeruk mana yang ingin kalian kreasikan? Jadi tunggu apa lagi, ayo kreasikan minuman jeruk segar versi kalian! Semoga bermanfaat.