Minuman menjadi hal yang sangat pokok untuk keberlangsungan makhluk hidup, selain menghilangkan dehidrasi minuman juga berperan penting bagi kesehatan sistem organ tubuh makhluk hidup. Ahli gizi menuturkan bahwa manusia memerlukan air sesuai jumlah kebutuhannya yaitu pria dewasa sebanyak 2,6 liter air per hari (sekitar 10 cangkir air) dan perempuan dewasa sebanyak 2,1 liter air per hari (sekitar 8 cangkir air). Tetapi hal ini juga didasari dengan bagaimana kondisi anda apakah kekurangan berat badan, kelebihan berat badan atau sedang hamil sekalipun.

Namun bagaimana apabila anda tidak menyukai minum air putih sebagai penambah cairan tubuh anda? Nah, ada beberapa pilihan minuman yang dapat anda konsumsi untuk mengimbangi jumlah air yang anda butuhkan di dalam tubuh. Yang perlu anda ketahui bahwa cairan lainnya juga termasuk ke dalam jumlah konsumsi air harian anda seperti minum jus, kopi, sirup, teh hingga alkohol.

Dari beberapa jenis minuman diatas, kebanyakan orang memilih minuman sehat dari buah sebagai pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan air didalam tubuhnya. Selain aman untuk dikonsumsi oleh segala usia dan memiliki banyak kandungan vitamin, cara membuat minuman segar dan sehat yang kekinian dari buah ini sangat mudah anda praktekan sendiri dirumah. Terutama untuk anak-anak yang sulit sekali mengkonsumsi air dan buah-buahan. Mungkin anda bertanya-tanya memangnya bisa buah diolah menjadi minuman kekinian?

Nah, daripada anda semakin penasaran dan ingin segera mempraktekannya bersama buah hati anda dirumah. Berikut beberapa resep dan cara membuat minuman segar dan sehat yang kekinian versi Nyess.

Orange cold pressed juice

cara membuat minuman segar dan sehat yang kekinian

Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar apa itu orange cold pressed juice, namun nama ini cukup familiar untuk anda yang sering mengunjungi cafe. Mungkin mendengar kata juice yang terlintas dipikiran anda adalah di blender, nah ini yang membedakan antara orange juice biasa dengan orange pressed juice. Jika orange juice biasa diolah dengan cara diblender, lain halnya dengan orang cold pressed juice yang dibuat dari alat khusus yang berbeda yaitu alat press.

Sistem kerja dari alat ini yaitu dengan cara seperti mengunyah buah buahan yang anda masukkan tanpa perlu anda potong potong terlebih dahulu buat tersebut yang kemudian secara otomatis akan mengeluarkan sari buah yang anda masukkan. Berbeda dengan blender, buah yang dipotong-potong akan dihancurkan dengan pisau yang memutar.

Selain itu buah jeruk mengandung banyak vitamin dan khasiat untuk kesehatan tubuh anda yaitu kaya akan vitamin c, serat, protein, dan kalori. Sedangkan manfaat untuk tubuh salah satunya yaitu dapat menurunkan resiko stroke, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kerusakan kulit. Kembali lagi untuk hasilnya, alat pressed juice mampu menghasilkan sari buah lebih banyak dibandingkan dengan juice dari blender.

Berikut cara membuat orange cold pressed juice, minuman yang segar dan sehat yang kekinian.
Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 buah jeruk ukuran sedang (jenis terserah)
  • 2 sdm gula
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Kupas jeruk dari kulitnya kemudian masukkan kedalam pressed juice kemudian dorong menggunakan pegangan pada ujungnya dan otomatis akan tersaring sari buah jeruknya saja. Eits jangan lupa arahkan gelas saji pada bagian keluarnya sari buah
  2. Tambahkan 2 sdm gula aduk hingga rata (opsional)
    Boleh anda tambahkan es batu secukupnya atau hanya anda simpan di lemari es beberapa saat.
    Keunggulan menggunakan pressed juice ini tidak mengubah nutrisi yang terkandung didalam buah, berbeda dengan menggunakan blender akibat putaran pisau akan menyebabkan panas sehingga dapat mengurangi nutrisi, enzim hingga vitamin dalam buah jeruk tersebut.

 

Asian Sop buah

Banyak cara yang digunakan untuk mengolah berbagai macam buah-buahan yang anda sukai, salah satunya dapat anda buat menjadi minuman segar dan sehat yang kekinian. Banyaknya variasi dan inovasi dalam membuat minuman dari buah yang anda sukai dapat menjadikan alternatif agar buah tersebut anda konsumsi dengan cara yang itu itu saja. Terutama bagi anda yang ingin mengkonsumsi buah buahan kegemaran anda secara bersamaan.

Nah, disini Nyess akan berbagi resep cara membuat minuman segar dan sehat yang kekinian dalam olahan sop buah. Sop buah terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang ada sukai. Daripada membuat anda semakin gemas ingin mencobanya, berikut resep dari asian sop buah ala Nyess.
Bahan yang diperlukan :

  • 50 gr sagu mutiara
  • ½ buah mangga potong dadu
  • 100 gr strawberry potong dadu
  • 1 kaleng leci sisihkan sirup nya
  • ½ buah mangga dijadikan jus
  • 150 ml susu
  • 1 buah jeruk nipis

Cara membuatnya :

  1. Isi panci dengan air kemudian panaskan dengan api sedang. Setelah itu tambahkan sagu mutiara dan aduk pelan-pelan kurang lebih 10 menit. Tiriskan sagu tersebut.
  2. Bersihkan sagu yang ditiriskan dan campur sagu dengan sirup leci yang disisihkan tadi
  3. Blender ½ buah mangga dan 150 gr susu hingga jadi jus
  4. Tuangkan sagu mutiara kedalam mangkok kemudian tuangkan sirup leci diatasnya
  5. Tuangkan jus mangga susu diatas poin 4
  6. Kemudian taburi potongan dadu buah mangga, strawberry dan leci
  7. Parut sedikit kulit jeruk nipis diatas sop buah sebagai garnishnya.

Berbagai perpaduan rasa manis dan segar yang menjadi satu dalam semangkuk sop buah dapat anda nikmati bersama keluarga anda dirumah.

Laksamana mengamuk


Mungkin mendengar dari nama minuman ini saja sudah terbayang sadis namun tahukah anda meskipun memiliki nama demikian nyatanya minuman ini banyak digemari. Selain enak minuman ini juga menjadi daya tarik sendiri untuk anda yang berkunjung ke Riau. bayangkan perpaduan antara gurihnya santan, segarnya buah mangga dan manis nya gula yang diolah menjadi minuman segar dan sehat yang kekinian. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut resep minuman segar dan sehat yang kekinian laksamana mengamuk versi Nyess.
Bahan yang diperlukan :

  • 1 buah mangga kweni potong dadu
  • Daging kelapa muda
  • 2 sdt Selasih
  • 200 ml Santan
  • 1 helai Daun pandan
  • ½ sdt garam
  • 200 gr gula
  • 100 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Masak gula dengan air sampai mendidih dan larut, kemudian dinginkan
  2. Di panci yang berbeda masak santan, daun pandan dan garam sampai mendidih dan dinginkan
  3. Letakkan es batu pada gelas saji kemudian layer kedua isi dengan mangga kweni yang sudah dicuci dan dipotong dadu
  4. Layer ketiga tambahkan daging kelapa muda yang sudah di keruk
  5. Di layer keempat dan kelima beri 2 sdm air gula dan santan dan beri es batu secukupnya
  6. Terakhir untuk mempercantik tampilan berikan selasih yang sudah direndam air diatas sajian laksamana mengamuk.

Dari ketiga resep minuman segar dan sehat yang kekinian dari buah tersebut, manakah yang sekiranya mudah untuk anda coba buat dirumah? Semoga bermanfaat ya.