Kita memasuki sistem ekonomi digital yang baru, dimana semua orang berlomba-lomba dan bersaing untuk menjadi sukses dalam dunia bisnis. Dalam bisnis, proses, model, dan sistem akan selalu mengalami evolusi. Maka dari itu, seseorang yang tidak mampu beradaptasi dengan keadaan maupun perubahan yang terjadi, maka dia tidak akan bisa berhasil dalam dunia bisnis. Pada saat ini, pelanggan tidak hanya sekedar ingin membeli barang. Pelanggan menginginkan pelayanan yang baik serta service yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Saatnya Bisnis Retail Masuk ke Dunia Online

Satu hal yang pasti adalah, teknologi telah merubah ritel. Pada saat ini adalah waktu untuk melihat ke masadepan dengan mengikuti perkembangan teknologi. Bisnis di bidang ritel tidak hanya sekedar mengandalkan caraoffline, namun juga secara online. Namun belanja online dan belanja secara offline bukan merupakan dua modelbisnis yang berbeda atau terpisah secara prinsip dan tujuan. Baik secara offline maupun online, bisnis akantetap menjadi ‘belanja’ dan hal itu akan menjadi pengalaman online dan offline yang sejalan.

Namun walaupundengan perubahan-perubahan yang terjadi, terdapat lima prinsip ritel yang tetap berlaku. Prinsipprinsip tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Pelanggan tetap merupakan prioritas nomor satu
Peralihan bisnis offline menjadi bisnis online, tidak serta merta merubah prinsip utama ritel yaitu pelayanan yang baik kepada pelanggan. Media sosial dan teknologi mobile merupakan hal utama yang berperan dalam bisnis  online. Teknologi-teknologi secara online memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi secara bebas dan berkomunikasi langsung dengan distributor, pengecer dan merk yang diinginkan. Maka dari itu, pelanggan tetaplah menjadi faktor penentu utama.

Pengaturan dan ketersediaan barang
Untuk memantau jenis dan ketersediaan barang masih tetap memerlukan pengawasan yang dilakukan secara langsung baik oleh karyawan maupun pemilik. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahan / kekeliruan penghitungan stok barang dan resiko-resiko seperti kehilangan barang, dan lain sebagainya. Ketersediaan barang akan membantu mendukung berjalannya usaha ritel, karena tanpa adanya barang, usaha ritel tidak akan berjalan.

Solusi bagi permasalahan pelanggan
Penilaian mengenai harga selalu menjadi pertimbangan yang utama. Banyak yang beranggapan jika harga lebih rendah, maka toko akan laris. Namun justru sebaliknya, harga tidak akan memberikan perbedaan yang begitu jauh antara toko ritel yang satu dengan yang lainnya. Coba untuk menawarkan pengalaman ritel untuk menghargai pelanggan. Caranya yaitu mulai dari melakukan survey apa yang diinginkan pelanggan untuk kemudian memberikan solusi melalui barang yang di jual kepada pelanggan.

Jaringan suplai dan operasi toko merupakan hal yang sama penting
Yang dimaksud dengan jaringan suplai atau yang biasa disebut sebagai supply chain adalah suatu kesatuan sistem yang terdiri atas organisasi, sumber daya manusia, aktivitas, informasi, dan sumber daya lainnya yang terlibat dalam proses pemindahan suatu produk atau jasa dari pemasok kepada pelanggan. Fungsi suplai ini biasanya  dilakukan oleh manufaktur, penyedia layanan jasa, distributor, dan bagian penjualan seperti pedagang hingga sampai kepada pelanggan. Dalam bisnis ritel, memastikan bahwa toko mempunyai produk yang tepat yang tersedia di tempat yang tepat dan dalam waktu yang tepat akan memerlukan koordinasi yang kuat dan informasi yang realtime. Supply chain ini penting dalam bisnis ritel karena merupakan sebuah proses utama yaitu merubah bahan baku dan pendukung menjadi sebuah barang yang siap jadi dan dapat digunakan oleh pelanggan.

Lokasi
Selain online, ritel juga akan tetap berjalan secara offline. Secara offline, lokasi merupakan hal yang penting. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi adalah tempat yang strategis, mudah ditemukan, serta aksesyang mudah untuk mencapai tempat tersebut.

Meskipun teknologi terus mengalami perkembangan dan kemajuan, fundamental inti dari ritel akan tetap konstan.