Ketika anda kan mencoba usaha budidaya burung walet, tentu memilih lokasi tempat tinggal burung walet yang ideal merupakan salah satu kunci keberhasilan anda dalam beternak walet tersebut.

Coba saja bayangkan, jika lokasi tempat burung walet yang anda sediakan hanya terdapat sedikit waletnya bisa dipastikan usaha anda akan gagal. Atau mungkin anda pernah melihat sebuah lokasi yang dibuat gedung walet tapi masih kosong tanpa ada walet yang datang ? Sayang sekali bukan.

Seperti yang kami kutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips trik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keberadaan sarang burung walet.

1. Mengecek Lokasi Suara

Nah, maka dalam mengetahui tempat tinggal burung walet anda bisa mengecek lokasi yang sesuai tersebut menggunakan suara walet lho. Agar lebih efisien, anda bisa melakukan test suara tersebut pada saat sore hari, dimana waktu tersebut mulai kembali ke sarangnya lho.

Lalu bagaimana untuk mengecek suara walet tersebut? Yaitu anda dapat menggunakan 1-2 tweeter walet yang dihubungkan pada bagian ujung pipa atau bambu agar suara walet tersebut dapat terdengar jauh.

Perlu anda ketahui, ternyata burung walet itu memiliki kemampuan mencari pkan yang relatif jauh lho bahkan bis hingga puluhan kilometer. Nah, jika anda menemukan koloni walet yang sering bertebangan pada pagi atau sore hari berarti hal tersebut memnadakan walet tersebar dari berbagai lokasi. Dan koloni walet tersebut pada sore hari akan kembali kesarang mereka yang bisanya bertenpat di goa atau di sarang- sarang lainya.

2. Mencari Lokasi Sentra Tempat Walet

Kemudian dalam memilih tempat tinggal burung walet tersebut, maka tips – tips nya adalah yang pertama adalah anda perlu mencari lokasi sentra untuk tempat walet tersebut. Mengapa lokasi sentra?

Alasanya karena pemilihan lokasi sentra sangat digemari para pelaku budidaya walet karena lokasi tersebut memiliki peluang sangat besar. Lokasi Sentra untuk rumah walet juga lebih mudah untuk dikontrol karena tidak perlu masuk hutan dan sebagainya. Contohnya di Tokofora, kamu bisa menemukan sarang walet yang benar-benar terbagi berdasarkan kualitas.

3. Mengetahui Lokasi Yang Menjadi Lintasan Walet

Lokasi tempat walet berikutnya adalah memilih lokasi yang menjadi lintasan atau menuju lokasi pakan walet itu sendiri . Mengapa lokasi ini juga sangat disenangi, hal ini dikarenakan populasi walet yang sangat besar bahkan melebihi lokasi sentra walet.

Koloni walet yang berdatangan ke pakan dari berbagai wilayah seperti dari gua dan sentra walet menjadi hal utama mengapa populasi ini sangat bagus untuk di pilih lho guys .

Tags: