Perhatikan tips memilih rumah ideal untuk keluarga agar tidak salah melangkah dalam membeli rumah terbaik. Memang kini banyak sekali penawaran properti dengan desain yang bagus baik di perkotaan hingga pinggiran. Perumahan sendiri merupakan bentuk properti yang paling banyak dipilih keluarga karena bisa bebas bersosialisasi dengan tetangga serta pengelolaan sendiri. Jika Anda masih bingung cara memilih rumah maka berikut langkah yang bisa dilakukan.

Inilah 5 tips memilih rumah ideal untuk keluarga

  1. Lokasi yang strategis

Memilih lokasi rumah yang strategis, memang semakin strategis suatu perumahan maka akan makin mahal harganya. Tapi jika saat ini Anda mampu membeli perumahan dengan lokasi strategis maka jangan ragu memilihnya. Seandainya budget terbatas maka cobalah cari informasi rumah yang ada di pinggiran kota namun memiliki prospek yang bagus. Contohnya, Anda membeli rumah murah di pinggir kota dan rencananya 5 tahun lagi pemerintah akan membangu sebuah stasiun MRT atau terminal di sana sehingga rumah pun jadi makin berkembang dan semakin ramai.

  1. Kalau bisa gunakan fasilitas KPR dari Bank

Agar tidak mudah tertipu dengan pengembang atau developer nakal, maka sebaiknya Anda membeli rumah dengan fasilitas KPR dari perbankan. Bank biasanya ahli dalam menaksir harga rumah serta legalitas dari rumah yang hendak dibeli. Dari bank Anda bisa tahu apakah developer tersebut bisa dipercaya atau tidak. Tentu saja dari pihak Anda, harus memenuhi syarat-syarat sebagai pembeli yang baik terutama dalam hal kemampuan membayar angsuran kredit rumah.

  1. Memastikan legalitas rumah jelas

Entah Anda mencoba membeli rumah di perumahan atau rumah bekas, pastikan bahwa perumahan tersebut legalitasnya jelas dan tidak dalam sengketa. Anda harus mencari informasi sejelasnya misal melalui BPN atau kantor kelurahan setempat. Jika membeli di perumahan, lebih baik membeli rumah yang sudah jelas dibangun dengan hak bangun dan milik yang jelas.

  1. Memastikan bahwa developer mempunyai track record yang baik

Terakhir, memastikan bahwa Anda memilih developer dengan track record yang jelas. Misalnya saja sebelumnya sang pengembang sudah pernah membangun perumahan di area lain dan berjalan sukses. Kalau Anda terpaksa membeli rumah yang sedang dalam tahap pembangunan, maka pastikan bahwa pihak developer benar dan sanggup akan menyelesaikannya dan desain yang bagus. Sebab banyak kasus yang terjadi developer kekurangan dana dan pembangunan dihentikan, padahal para pembeli sudah terlanjur membayar. Inilah cara memilih rumah yang ideal bagi keluarga.

Di awal penawaran biasanya uda ada rumah contoh yang bisa dilihat dan dirasakan, Anda juga bisa membeli rumah yang uda full-furnished. Pada umumnya rumah yang dijual masih dalam keadaan kosong, oleh karena itu Anda bisa gunakan jasa design interior di Jakarta untuk mendekor hunian baru Anda nantinya.

  1. Cocok untuk tumbuh kembang anak

Saat memilih area perumahan, Anda harus memastikan bahwa lingkungan sekitar rumah cocok untuk tumbuh kembang anak. Apalagi rumah akan ditempati oleh sebuah keluarga. Misalpun Anda adalah pasangan pengantin baru yang belum punya anak, tapi ke depannya Anda berencana memiliki anak maka sejak awal sudah harus memastikan lingkungan rumah aman dan nyaman untuk perkembangan anak Anda di masa depan. Selain itu, kalau bisa memilih rumah yang dekat dengan sekolah anak nanti.

Keamanan juga menjadi salah satu faktor penting saat Anda mencari rumah. Memastikan bahwa perumahan mempunyai tingkat keamanan yang ketat dan bahkan petugas keamanan yang berjaga-jaga selama 24 jam penuh. Kalau lingkungan tersebut sering terjadi kemalingan atau pencurian, maka pertimbangkan kembali meski harga rumah sangat murah. Inilah beberapa tips memilih rumah ideal untuk keluarga. Memang dibutuhkan banyak pertimbangan dalam memilih rumah, tidak hanya soal harga yang terjangkau. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda mendapatkan rumah ideal terbaik.